Pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi - Trip Nusa Nadhi
0819-0738 1222

Pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi

Pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi adalah Pura Besakih, Pura Tanah Lot, Pura Ulun Danu Beratan, dan Pura Uluwatu. Setiap pura memiliki keunikan dan keindahan yang berbeda-beda, sehingga sangat disarankan untuk mengunjungi setiap pura tersebut saat berlibur di Bali.

Pura Besakih

Pura Besakih adalah salah satu pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi. Pura ini terletak di kaki Gunung Agung, dan merupakan pura terbesar dan paling suci di Bali. Pura Besakih juga dikenal sebagai Pura Agung Besakih, dan merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu Bali.

Pura Besakih terdiri dari kompleks pura yang terdiri dari 23 pura yang berbeda. Setiap pura memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda, dan semuanya saling terkait satu sama lain. Pura Besakih juga memiliki arsitektur yang sangat indah dan unik, dengan bangunan-bangunan yang terbuat dari batu vulkanik hitam dan putih.

Salah satu pura yang paling terkenal di Pura Besakih adalah Pura Penataran Agung. Pura ini merupakan pusat dari kompleks pura, dan merupakan tempat ibadah utama bagi umat Hindu Bali. Pura Penataran Agung memiliki arsitektur yang sangat indah, dengan atap yang terbuat dari jerami dan dinding yang dihiasi dengan ukiran-ukiran yang rumit.

Selain Pura Penataran Agung, Pura Besakih juga memiliki pura-pura lain yang tidak kalah indahnya. Salah satu pura yang paling menarik adalah Pura Batu Madeg. Pura ini terletak di atas tebing yang curam, dan menawarkan pemandangan yang spektakuler dari lembah di bawahnya. Pura Batu Madeg juga memiliki arsitektur yang sangat indah, dengan atap yang terbuat dari jerami dan dinding yang dihiasi dengan ukiran-ukiran yang rumit.

Pura Besakih juga memiliki sejarah yang sangat kaya. Pura ini telah ada sejak zaman kuno, dan telah menjadi tempat ibadah bagi umat Hindu Bali selama berabad-abad. Pura Besakih juga pernah mengalami bencana alam yang besar, seperti letusan Gunung Agung pada tahun 1963. Namun, pura ini berhasil bertahan dan kini menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Bali.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pura Besakih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama-tama, wisatawan harus mengenakan pakaian yang sopan dan tidak mengganggu kegiatan ibadah. Kedua, wisatawan harus menghormati tradisi dan adat istiadat Bali, seperti tidak memotret atau merekam video selama upacara berlangsung.

Pura Besakih adalah salah satu pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi. Pura ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan unik, serta sejarah yang sangat kaya. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pura Besakih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak mengganggu kegiatan ibadah dan menghormati tradisi dan adat istiadat Bali.

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah salah satu pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi. Terletak di atas batu karang di tepi laut, pura ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dan menakjubkan. Pura Tanah Lot adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di Bali, dan menjadi salah satu ikon pariwisata di pulau ini.

Pura Tanah Lot memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Konon, pura ini dibangun oleh seorang pendeta Hindu pada abad ke-16. Menurut legenda, pendeta tersebut berhasil mengusir ular laut yang sering mengganggu nelayan di daerah tersebut. Setelah itu, pendeta tersebut membangun pura di atas batu karang sebagai tanda terima kasih kepada dewa-dewa.

See also  Aktivitas mengunjungi desa pengrajin perak dan perhiasan di Bali

Pura Tanah Lot memiliki arsitektur yang unik dan menarik. Bangunan utama pura terletak di atas batu karang yang terpisah dari daratan oleh ombak laut. Selain itu, terdapat juga beberapa bangunan kecil di sekitar pura yang digunakan untuk upacara keagamaan. Bali Pura Tanah Lot juga memiliki taman yang indah dan dihiasi dengan patung-patung dewa Hindu.

Selain keindahan arsitektur dan pemandangan alam yang menakjubkan, Pura Tanah Lot juga memiliki keunikan lain yang membuatnya menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah ritual keagamaan yang dilakukan oleh para pendeta setiap hari. Wisatawan dapat menyaksikan upacara keagamaan ini dan belajar tentang kebudayaan dan agama Hindu di Bali.

Namun, karena popularitasnya yang tinggi, Pura Tanah Lot seringkali menjadi sangat ramai dan penuh dengan wisatawan. Oleh karena itu, disarankan untuk datang ke pura ini pada pagi atau sore hari untuk menghindari keramaian. Selain itu, wisatawan juga harus menghormati aturan dan tradisi keagamaan yang berlaku di pura ini.

Untuk mencapai Pura Tanah Lot, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa turis. Pura ini terletak sekitar 20 km dari kota Denpasar dan dapat dicapai dalam waktu sekitar 45 menit dengan mobil atau motor. Selain itu, terdapat juga banyak penginapan dan restoran di sekitar pura untuk memudahkan wisatawan yang ingin menginap atau mencicipi kuliner khas Bali.

Secara keseluruhan, Pura Tanah Lot adalah salah satu pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi. Keindahan arsitektur, pemandangan alam yang menakjubkan, dan ritual keagamaan yang unik membuat pura ini menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namun, wisatawan harus menghormati aturan dan tradisi keagamaan yang berlaku di pura ini dan menghindari keramaian pada jam-jam sibuk.

Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulundanu

Pura Ulun Danu Beratan adalah salah satu pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi. Terletak di tepi Danau Beratan, pura ini menawarkan pemandangan yang indah dan menenangkan. Pura ini juga merupakan salah satu pura yang paling sering dijadikan sebagai latar belakang foto oleh para wisatawan.

Pura Ulun Danu Beratan dibangun pada abad ke-17 oleh Raja Mengwi. Pura ini didedikasikan untuk Dewi Danu, dewi air dan kehidupan. Pura ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik perhatian. Bangunan utama pura ini terletak di tengah-tengah danau, memberikan kesan bahwa pura ini melayang di atas air.

Selain bangunan utama, Pura Ulun Danu Beratan juga memiliki beberapa bangunan lain yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah bangunan yang digunakan untuk menyimpan peralatan upacara. Bangunan ini memiliki atap yang tinggi dan dihiasi dengan ukiran-ukiran yang indah.

Pura Danu Beratan juga memiliki taman yang indah dan rapi. Taman ini dihiasi dengan berbagai jenis bunga dan tanaman yang menambah keindahan pura ini. Wisatawan dapat berjalan-jalan di taman ini sambil menikmati pemandangan danau yang indah.

Selain sebagai tempat ibadah, Pura Ulun Danu Beratan juga sering digunakan sebagai tempat untuk mengadakan upacara adat. Upacara adat yang sering diadakan di pura ini antara lain upacara penyucian dan upacara persembahan hasil bumi.

Untuk dapat mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa tur. Pura ini terletak sekitar 50 kilometer dari kota Denpasar dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan, disarankan untuk datang pada pagi hari. Pada pagi hari, udara masih segar dan pura ini masih sepi dari pengunjung. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang indah di atas danau.

See also  Destinasi wisata kehidupan malam di Bali yang happening

Namun, bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan pada hari libur atau musim liburan, disarankan untuk datang lebih awal. Pura ini sering menjadi tujuan wisata yang ramai pada hari libur dan musim liburan.

Pura Ulun Danu Beratan adalah salah satu pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi. Pura ini menawarkan pemandangan yang indah dan menenangkan serta memiliki arsitektur yang unik dan menarik perhatian. Wisatawan dapat mengunjungi pura ini untuk beribadah, menikmati pemandangan, atau mengikuti upacara adat. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan saat berkunjung ke Bali.

Pura Tirta Empul

Pira Tirta Empul

Pura Tirta Empul adalah salah satu pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi. Pura ini terletak di Desa Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Pura Tirta Empul Bali memiliki sejarah yang panjang dan menjadi tempat ziarah bagi umat Hindu di Bali.

Pura Tirta Empul dibangun pada abad ke-10 oleh Raja Warmadewa. Pura ini memiliki kolam suci yang disebut dengan kolam Tirta Empul. Kolam ini memiliki air yang diyakini memiliki kekuatan magis dan dapat membersihkan diri dari segala dosa. Oleh karena itu, banyak orang yang datang ke Pura Tirta Empul untuk melakukan ritual mandi suci.

Selain kolam suci, Pura Tirta Empul juga memiliki beberapa candi dan bangunan suci lainnya. Salah satunya adalah candi Saraswati yang didedikasikan untuk Dewi Saraswati, dewi ilmu pengetahuan dan seni. Candi Saraswati memiliki arsitektur yang indah dan dihiasi dengan ukiran-ukiran yang rumit.

Selain itu, Pura Tirta Empul juga memiliki beberapa patung dan relief yang menggambarkan kisah-kisah dari kitab suci Hindu seperti Ramayana dan Mahabharata. Patung-patung ini memiliki nilai seni yang tinggi dan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Pura Tirta Empul.

Untuk mengunjungi Pura Tirta Empul, wisatawan harus mengenakan pakaian yang sopan dan tidak boleh memakai pakaian yang terlalu terbuka. Selain itu, wisatawan juga harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku di pura seperti tidak boleh merokok atau makan di area pura.

Pura Tirta Empul juga sering dijadikan sebagai lokasi untuk upacara-upacara keagamaan seperti Ngaben atau upacara kematian. Selain itu, pura ini juga menjadi tempat untuk mengadakan upacara-upacara lain seperti upacara pernikahan atau upacara penyucian.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pura Tirta Empul, sebaiknya datang pada hari-hari yang tidak terlalu ramai seperti hari kerja. Selain itu, wisatawan juga sebaiknya datang pada pagi hari agar tidak terlalu panas dan bisa menikmati keindahan pura dengan lebih tenang.

Pura Tirta Empul juga memiliki beberapa warung makan dan toko suvenir di sekitarnya. Wisatawan bisa mencicipi makanan khas Bali seperti nasi campur atau sate lilit di warung makan tersebut. Sedangkan untuk toko suvenir, wisatawan bisa membeli oleh-oleh khas Bali seperti kain sarung atau patung-patung kecil.

Secara keseluruhan, Pura Tirta Empul adalah salah satu pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi. Pura ini memiliki sejarah yang panjang dan memiliki keindahan arsitektur serta seni yang tinggi. Selain itu, pura ini juga menjadi tempat ziarah bagi umat Hindu di Bali dan menjadi tempat untuk mengadakan upacara-upacara keagamaan. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pura Tirta Empul, sebaiknya datang pada hari-hari yang tidak terlalu ramai dan mengikuti aturan-aturan yang berlaku di pura.

See also  Fastboat Nusa Penida dengan kapal yang dilengkapi life jacket

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu adalah salah satu pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi. Terletak di ujung selatan Bali, pura ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dan keindahan arsitektur tradisional Bali yang menakjubkan.

Pura Luhur Uluwatu terletak di atas tebing yang menjulang tinggi di atas Samudra Hindia. Dari sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang indah dan matahari terbenam yang menakjubkan. Pura ini juga dikenal sebagai tempat suci bagi umat Hindu Bali, dan sering digunakan untuk upacara keagamaan dan ritual.

Pura Luhur Uluwatu memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Konon, pura ini dibangun pada abad ke-11 oleh seorang pendeta Hindu bernama Mpu Kuturan. Pada saat itu, pura ini digunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewa Hindu Bali. Selama berabad-abad, pura ini telah mengalami banyak perubahan dan renovasi, tetapi tetap mempertahankan keindahan dan keaslian arsitektur tradisional Bali.

Salah satu fitur menarik dari Pura Luhur Uluwatu adalah gerbang masuknya yang megah dan indah. Gerbang ini dikenal sebagai “Candi Bentar” dan merupakan simbol keindahan arsitektur Bali yang khas. Di dalam pura, pengunjung akan menemukan banyak patung dan relief yang menggambarkan cerita-cerita dari mitologi Hindu Bali.

Selain keindahan arsitektur dan pemandangan laut yang menakjubkan, Pura Luhur Uluwatu juga terkenal dengan pertunjukan tari Kecak yang spektakuler. Pertunjukan ini diadakan setiap sore menjelang matahari terbenam, dan menampilkan tarian tradisional Bali yang menawan. Pengunjung dapat menikmati pertunjukan ini sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di atas Samudra Hindia.

Namun, sebelum mengunjungi Pura Luhur Uluwatu, pengunjung harus memperhatikan beberapa hal penting. Pertama, pengunjung harus mengenakan pakaian yang sopan dan tidak mengganggu kegiatan keagamaan yang sedang berlangsung. Kedua, pengunjung harus berhati-hati saat berjalan di sekitar pura, terutama di area tebing yang curam. Ketiga, pengunjung harus menghindari memberi makan atau mengganggu monyet yang berkeliaran di sekitar pura.

Dalam kesimpulannya, Pura Luhur Uluwatu adalah salah satu pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi. Pura ini menawarkan keindahan arsitektur tradisional Bali yang menakjubkan, pemandangan laut yang spektakuler, dan pertunjukan tari Kecak yang menawan. Namun, pengunjung harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum mengunjungi pura ini. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, pengunjung dapat menikmati keindahan dan keaslian Pura Luhur Uluwatu dengan aman dan nyaman.

Q&A : Pertanyaan dan jawaban

Q: Apa nama pura terkenal di Bali yang patut dikunjungi?
A: Pura Besakih.

Q: Di mana lokasi Pura Besakih?
A: Pura Besakih terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali.

Q: Apa yang membuat Pura Besakih menjadi terkenal?
A: Pura Besakih dianggap sebagai pura suci dan terbesar di Bali. Selain itu, arsitektur dan keindahan alam sekitar juga menjadi daya tarik utama.

Q: Apa yang harus dipersiapkan sebelum mengunjungi Pura Besakih?
A: Sebaiknya mempersiapkan pakaian yang sopan dan sesuai dengan aturan pura, serta membawa air minum dan kamera untuk mengabadikan momen.

Q: Apakah ada biaya masuk untuk mengunjungi Pura Besakih?
A: Ya, ada biaya masuk sebesar Rp. 30.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 60.000 untuk wisatawan asing.Kesimpulan: Bali memiliki banyak pura terkenal yang patut dikunjungi, seperti Pura Tanah Lot, Pura Besakih, dan Pura Ulun Danu Bratan. Setiap pura memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang dapat memberikan pengalaman spiritual dan budaya yang berbeda bagi pengunjung. Namun, sebelum mengunjungi pura-pura tersebut, penting untuk menghormati adat dan tradisi Bali serta mematuhi aturan yang berlaku di setiap pura.

Our Instagram

Don't miss beautiful photos and great travel experiences, follow our Instagram account!